Pengumuman Donor Darah di Kapanewon Moyudan

Kapanewon Moyudan kembali  akan menyelenggarakan aksi donor darah. Kegiatan yang sering diselenggarakan oleh Kapanewon Moyudan bekerjasama dengan  Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sleman dilaksanakan pada tanggal 14 September 2021 di pendopo Kapanewon Moyudan. Karena masih masa pandemi maka pelaksanaannya pun tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, baik cek suhu, cuci tangan sebelum mengikuti, menjaga jarak dll.

Aksi donor darah  dilaksanakan sebagai salah satu kepedulian Pemerintah Kapanewon Moyudan  terhadap seluruh masyarakat yang saat ini membutuhkan bantuan darah dalam masa pandemi COVID-19. Serta diharapkan dapat meningkatkan semangat untuk saling membantu terhadap sesama dan gotong royong demi mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat.

Adapun persiapan sebelum melakukan donor darah, calon pendonor wajib melakukan screening terlebih dahulu untuk mengetahui apakah calon telah memenuhi persyaratan secara umum.  Pelaksanaan donor darah tidak dapat dilakukan oleh calon pendonor yang memiliki riwayat penyakit khusus. Beberapa penyakit yang dimaksud antara lain penyakit paru-paru dan jantung, kanker, tekanan darah tinggi, kencing manis, menderita atau pernah menderita Hepatitis B atau C serta kondisi lain yang tidak disarankan oleh dokter karena alasan kesehatan.

Dan bagi calon pendonor yang pernah terpapar COVID-19 ada persyaratan lain yang wajib diperhatikan, diantaranya : menyumbangkan darahnya 2 (dua) minggu setelah dinyatakan sembuh, apabila masih ada sisa gejala harus menunggu sampai sembuh dan ditambah masa tunggu bebas gejala selama 2 minggu.

 

About Kapanewon Moyudan 149 Articles
Website resmi Kapanewon Moyudan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*