Pengendalian Pembangunan Kapanewon Moyudan

Pada hari Rabu, 11 November 2020 Kapanewon Moyudan menyelenggarakan acara pengendalian pembangunan sebagai bagian dari proses perencanaan daerah yang berfungsi sebagai alat evaluasi kegiatan pada tahun berjalan. Dalam acara ini dihadirkan seluruh pemangku kepentingan yaitu Lurah, BPD, Gapoktan, perwakilan tokoh masyarakat, dan perangkat daerah di Kabupaten Sleman dan DIY. Panewu Moyudan, Drs. Arifin, M. Laws dalam sambutannya menyampaikan bahwa kejadian pandemi covid-19 yang terjadi pada bulan Maret 2020 sampai sekarang belum menunjukkan tanda akan berakhir. Kondisi ini memaksa Perangkat Daerah di Kabupaten Sleman untuk melakukan refocusing dan re-alokasi kegiatan yang sudah direncanakan bahkan sudah disepakati untuk dialihkan untuk penanganan covid-19.

Dalam sesi evaluasi, diberikan kesempatan instansi terkait memberikan informasi dan arahan berkait penyelenggaraan pembangunan yang telah maupun yang akan berjalan. Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Kabupaten Sleman, Nunuk Hartati, SP, M.Ec. Dev dalam arahannya meminta agar kalurahan dan kapanewon untuk mengusulkan kembali kegiatan-kegiatan prioritas yang terkena refocusing penanganan pandemi covid-19 untuk dapat masuk ke anggaran perubahan 2021. Perwakilan dari Dinas PUPKP Kabupaten Sleman memberikan tanggapan terhadap permasalahan limpahan air di Padukuhan Sermo Sumberarum dampak dari pembangunan drainase yang belum tuntas di tahun 2020, perlu dirembug secara lebih intens agar segera mendapat penyelesaian. Sedangkan perwakilan dari Dinas Perindag menyampaikan bahwa sebagai pengganti kegiatan Sleman Exotism Festival yang dibatalkan karena pandemi covid-19, telah dilaksanakan pelatihan manajemen ekspor dan bimtek kerajinan tenun di Padukuhan Gamplong. Dengan pelatihan dan bimtek tersebut diharapkan UMKM yang terpuruk dampak pandemi covid-19 dapat bangkit kembali.

Dalam kesempatan tersebut juga dilangsungkan diskusi yang banyak membahas permasalahan berkait anggaran PUPM tahun 2020, pembangunan sarana dan prasarana wilayah, pertanian, pangan, dan perikanan serta beberapa usulan untuk evaluasi kegiatan di masa mendatang.

About Kapanewon Moyudan 109 Articles
Website resmi Kapanewon Moyudan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*