PENGAMBILAN SUMPAH, PELANTIKAN, DAN PENGUKUHAN LURAH

Menindaklanjuti perubahan sebutan desa menjadi kalurahan termasuk perubahan atau peningkatan urusan yang diampu, Pemerintah Kabupaten Sleman melakukan pengambilan sumpah dan pelantikan Lurah yang dilaksanakan pada hari Kamis, 22 Oktober 2020. Pengambilan sumpah dan pelantikan dilakukan oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo bertempat di Gedhong Pracimosono, Komplek Kepatihan Yogyakarta. Setelah pengambilan sumpah dan pelantikan dilanjutkan dengan pengukuhan lurah sebagai pemangku keistimewaan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Pengambilan sumpah, pelantikan, dan pengukuhan dilakukan secara simbolis dengan diikuti oleh lima Lurah. Sedangkan selebihnya sebanyak 81 lurah mengikuti secara daring, termasuk 4 Lurah di lingkungan Kapanewon Moyudan yaitu H. Senaja Lurah Sumberarum, Drs. Bambang Sardjana, SH Lurah Sumbersari,  Riyanta, S.Sos, Pj. Lurah Sumberrahayu, dan Bambang Nurdiyanto, S.ST, Pj. Lurah Sumberagung.

Seusai mengambil sumpah dan melantik para Lurah, dalam sambutannya Bupati Sleman, Sri Purnomo menyampaikan ” Bahwa dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 8 Tahun 2017 tentang Kelembagaan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta telah dijelaskan bahwa Pemerintah Daerah DIY dapat menggunakan penyebutan perangkat daerah dan jabatan pada perangkat daerah DIY, kabupaten/kota, dan desa sesuai dengan kearifan lokal tanpa merubah struktur pada perangkat daerah. Perubahan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan dan menguatkan kapasitas organisasi, baik dimensi kelembagaannya, tata kerjanya, urusannya yang diampunya maupun sumber daya aparaturnya. Penataan kelembagaan pemerintah kalurahan selanjutnya diselenggarakan untuk mencapai efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat berdasarkan prinsip responsibilitas, akuntabilitas, transparansi, dan partisipasi dengan memperhatikan bentuk dan susunan pemerintahan istimewa.  Semoga hal ini bisa mewujudkan kalurahan yang berdikari, berbudaya, rukun, berketahanan, demokratis, maju, dan makmur”.

 

About Kecamatan Moyudan 98 Articles
Website resmi Kecamatan Moyudan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*