Panen Demplot Pengembangan Bawang Merah

Rabu, 14 Oktober 2020 Kelompok Hortikultura “MAKMUR RAHAYU” Saren Sumberrahayu Moyudan mengadakan panen hasil Demplot pengembangan Bawang Merah.  Volume demplot bawang merah di Kelompok MAKMUR RAHAYU seluas 2 Hektare. Kegiatan Demplot ini mulai dilaksanakan pada bulan Agustus 2020, sehingga dari tanam sampai dengan dilaksankannya panen umur tanaman berkisar antara 55 sampai dengan 65 hari.

Acara yang dihadiri oleh Kepala Bidang Hortibun Dinas P3 Liem Astuti, SP, M.Si, Kasi Bina Produksi Bina Produksi Hortibun Immawan Nur Syaifudin Ahmad SP, M.E. Panewu Moyudan yang diwakili oleh Kawat Kemakmuran Rukmono Marham, S.Pi, MT, Kepala UPTD BP4 wilayah I Ir. Iryanti Chandra Purnami, MMA, Kepala Desa Sumberrahayu yang diwakili Kasi Kesejahteraan H. Pangestu Priyatna, Dukuh Saren, dan instansi terkait lainnya.

Dalam sambutannya Kabid Hortibun menyatakan bahwa salah satu permasalahan siklus hama dan OPT yang terjadi di Wilayah Sleman Barat disebabkan pola tanam yang kurang baik yang masih menerapkan sistem Padi-Padi-Padi. Dengan adanya pengembangan bawang merah ini diharapkan petani dapat melirik tanaman bawang merah sebagai penyela tanaman padi sehingga siklus hama dan OPT bisa diputus. Dari hasil ubinan panen bawang merah ini cukup baik yang berkisar antara 1.35 kg/m2 s/d 2,65 kg/m2 (tanpa daun). Adapun demikian pada saat tanam terdapat beberapa hamparan yang mengalami serangan hama yaitu ulat sehingga di beberapa tempat dilakukan panen lebih awal.

Pada saat yang sama juga dilakukan penanaman secara simbolis bawang merah di pekarangan yang akan dikelola oleh KWT padukuhan Saren.
Salah satu hal yang perlu disyukur yaitu seiring dengan Pandemi covid-19 yang masih berlangsung banyak kegiatan yang bersumber dari anggaran APBD Sleman dirasionalisasi akan tetapi kegiatan demplot ini masih bisa berjalan.

About Kecamatan Moyudan 98 Articles
Website resmi Kecamatan Moyudan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*