MUSRENBANG TAHUN 2021 KECAMATAN MOYUDAN

Kamis, 30 Januari 2020 bertempat di Pendopo Kecamatan Moyudan diselenggarakan Musrenbang RKPD Kabupan Sleman Tahun 2021.  Tema musrenbang RKPD kali ini yaitu “Mengoptimalkan potensi daerah menuju kemandirian dan kesejahteraan masyarakat Sleman yang berbudaya”. Hadir sebagai narasumber Kepala Bidang Perekonomian Bappeda Kabupaten Sleman, Nunuk Hartati, SP, M.Ec.Dev dan perwakilan dari Perangkat Daerah terkait.

Camat Moyudan, Drs. Arifin, M.Laws dalam sambutannya Camat Moyudan menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada seluruh tamu undangan. Musrenbang merupakan sarana musyawarah untuk menetapkan prioritas program dan kegiatan yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan harapan, pembangunan yang dilaksanakan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat serta dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, demikian tambah Camat Moyudan.

Kepala Bappeda Kabupaten Sleman dalam hal ini yang diwakili Kepala Bidang Perekonomian, Nunuk Hartati, SP, M.Ec.Dev menyampaikan bahwa tema pembangunan daerah tahun 2021 menjadi tahun terakhir RPJMD Kabupaten Sleman Tahun 2016 – 2021. Terdapat 7 (tujuh) agenda pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah pusat dalam menentukan titik berat pembangunan di tahun 2021. Dari tujuh agenda tersebut Pemerintah Kabupaten Sleman merumuskan indikasi prioritas pembangunan yaitu Kesehatan, Pendidikan, Infrastruktur, Kebudayaan, Lingkungan Hidup, Kemiskinan, Ekonomi dan Pelayanan Publik. Lebih lanjut Nunuk Hartati menyampaikan bahwa agar tiap-tiap desa dalam menyampaikan usulan kegiatan dengan mempertimbangkan prioritas daerah, berorientasi pada kebutuhan, dukungan pencapaian target, dan dukungan pada pemenuhan hak dasar rakyat.

Berbagai program dan kegiatan diusulkan dalam musrenbang kali ini. Program dan kegiatan disusun dengan mempertimbangkan kondisi strategis daerah, permasalahan yang dihadapi, serta tema dan prioritas RKPD. Musrenbang RKPD tahun 2021 merujuk pada 8 (delapan) indikasi prioritas pembangunan Kabupaten Sleman. Kerangka pikir prioritas – sasaran –  program – kegiatan memiliki relevansi dengan delapan indikasi prioritas pembangunan yang didasarkan pada agenda pembangunan dan RPJM nasional sebagai sasaran daerah. Tahap selanjutnya disampaikan usulan program dan kegiatan prioritas meliputi usulan PUPM, Non PUPM, dan Danais. Khusus Danais, usulannya bersifat T-2 sehingga program-kegiatan tahun 2022 diusulkan saat ini.

Dalam acara diskusi terdapat banyak pandangan dan masukan, antara lain dari :   Anggota DPRD DIY, H. Muhammad Yazid, S.Ag, dan Anggota DPRD Kabupaten Sleman, Muh. Zuhdan, S.Pd. Dalam kesempatan tersebut H. Muhammad Yazid, S.Ag menyampaikan bahwa sebagai wakil rakyat akan senantiasa memperhatikan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat demi tercapainya cita-cita bersama yaitu kesejahteraan rakyat. Muh. Zuhdan, S.Pd menggaris bawahi tentang usulan penanganan ODGJ/ODS yang jumlahnya relatif banyak dan membutuhkan penanganan serius.  Serta pandangan dari Dr. Arlyna (BPTP) menyatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir BPTP aktif mendampingi pertanian di Sleman Barat terutama dalam optimalisasi lahan bero dan penanganan hama tikus.  Setelah diskusi selesai, acara Musrenbang RKPD Tahun 2021 ditutup dengan doa bersama dilanjutkan ramah tamah. <crn>

Kecamatan Moyudan

Website resmi Kecamatan Moyudan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *