Bupati Sleman Kukuhkan DESTANA Sumbersari

Bupati Sleman Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo mengukuhkan Kalurahan Sumbersari Moyudan sebagai Desa Tangguh Bencana (DESTANA) di Pendopo Kalurahan  pada Jum’at 28 Mei 2021. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sleman Drs. Joko Supriyanto, M.Si, Panewu Moyudan Drs. Arifin, M.Laws, Kapolsek Moyudan AKP. M. Darban, SH, MH, Danramil Moyudan Kapten Arh. Sukaharjana, Lurah Sumbersari Bambang Sarjana, SH dan para tamu undangan.

Sebelum dikukuhkan, Destana Sumbersari diberikan pelatihan kebencanaan selama 6 hari. Juga dilaksanakan simulasi penanganan bencana angin kencang yang menimpa padukuhan Menulis dan Tumut, dengan peragaan mulai dari tim pusat data informasi, tim barak dan pengungsian, tim logostik, tim dapur umum, tim kesehatan dan relawan.

Tim Destana Sumbersari beranggotakan 25 orang, yang terdiri dari unsur Pamong Kalurahan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Relawan yang tergabung dalam LOSARI, Satlinmas, dan masyarakat. Tim ini menjalankan tugas dan fungsi dalam peningkatan kapasitas masyrakat dalam penanggulangan bencana, pelaksana kegiatan penanggulangan bencana, serta menjalin kerjasama dengan berbagai pihak terkait penanggulangan bencana.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sleman menyampaikan, bahwa sebagai kalurahan yang tangguh bencana dapat menambah pengetahuan dan wawasan dalam mengenal adanya potensi bencana di lingkungannya. “Sebagai Desa Tangguh Bencana (Destana) yang ke-65 se Kabupaten Sleman, diharapkan dengan gladi lapang penanggulangan bencana bisa menyamakan persepsi dan mematangkan koordinasi antar instansi, sehingga tidak bersikap responsif tetapi menuju preventif dalam pengelolaan risiko bencana” ujar Kustini Sri Purnomo.

About Kapanewon Moyudan 132 Articles
Website resmi Kapanewon Moyudan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*