MONITORING PEMANFAATAN DANA DESA DI DESA SUMBERAGUNG

Rabu, 28 Juli 2017  Kecamatan Moyudan melakukan   melakukan kegiatan fisik monitoring dan evaluasi dana desa yang berada di Desa Sumberagung.

Plt.Camat Moyudan bersama tim melaksanakan monitoring pemanfaatan dana desa di Desa Sumberagung

Tim dari Kecamatan Moyudan yang di pimpin oleh Plt.Camat Moyudan Wawan Widiantoro,S.IP, MPA  yang di ikuti oleh Kasi Pemerintahan, serta karyawan Kecamatan Moyudan.

Lanjutkan membaca MONITORING PEMANFAATAN DANA DESA DI DESA SUMBERAGUNG

MONITORING REALISASI PEMANFAATAN DANA DESA TAHUN 2017 DESA SUMBERARUM

Selasa, 23 Mei 2017  Plt. Camat Moyudan Wawan Widiantoro,S.IP, MPA bersama tim Kecamatan yang terdiri dari Kepala Seksi Pemerintahan dan Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan melakukan kegiatan fisik monitoring dan evaluasi dana desa yang berada di Desa Sumberarum. 

Hal ini dilakukan salah satunya adalah dalam rangka penilaian terhadap proses penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) dan untuk memantau sejauh mana penyaluran dana desa serta perkembangan pelaksanaan kegiatan fisik dan pelaporannya.  Disamping melakukan monitoring dan evaluasi (pengawasan), aparat kecamatan juga memberikan pendampingan terhadap pemerintah desa sehinga dokumen perencanaan pembangunan desa  yang  dihasilkan dapat mengadvokasi semua kepentingan masyarakat desa dengan tidak mengabaikan rencana strategis Pemerintah Daerah yang sudah ditetapkan.

Pengerasan Jalan di Dusun Pingitan Desa Sumberarum

Realisasi pemanfaatan dana desa yang berada di Desa Sumberarum Kecamatan Moyudan Tahun 2017 diantaranya pengerasan jalan yang berada di dusun Pingitan dan Jitar Kulon. Dengan adanya dana desa saat ini desa Sumberarum sangat terbantu dalam melaksanakan pembangunan desa secara bertahap, demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

 

 

PELEPASAN CAMAT MOYUDAN

Pada hari Jumat, tanggal 19 Mei 2017 bertempat di Pendopo Kecamatan Moyudan diadakan pelepasan Camat Moyudan Musta’in Aminun, SH,M.Si yang berpindah tugas sebagai  Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum Kabupaten Sleman pada tanggal 2 Mei 2017. 

Hadir dalam acara tersebut Muspika, Ketua LPMD, tokoh masyarakat dan agama, perangkat Desa beserta pengurus PKK yang ada di wilayah Kecamatan Moyudan.

Pada kesempatan tersebut disampaikan sambutan dari perwakilan masyarakat/agama yang disampaikan oleh Bapak Abdullah Effendi mengucapkan terimakasih atas kepemimpinan Bapak Musta’in Aminun, SH,M.Si selama menjabat Camat di Moyudan.

Musta’in Aminun, SH,M.Si menyampaikan kesan dan pengalaman selama bertugas di Kecamatan Moyudan dan mohon maaf apabila selama bertugas ada ucapan atau tindakan yang kurang berkenan, serta belum dapat berbuat banyak bagi kemajuan pembangunan di Moyudan. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini telah menjalin kerjasama, memberikan sumbang saran dan bantuannya dalam bersama menjalankan roda pemerintahan di wilayah Kecamatan Moyudan

Bapak Musta’in Aminun, SH, M.Si

KECAMATAN MOYUDAN MENGIKUTI PAMERAN POTENSI DAERAH

Dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Sleman yang ke-101 Kecamatan Moyudan berpartisipasi dengan mengikuti Pameran Potensi Daerah (PPD)  yang dimulai dari tanggal 18 sampai dengan 27 Mei 2017.Pameran dimulai pukul 09.00 wib sampai dengan 21.00 wib bertempat di komplek lapangan Denggung Sleman.

Produk-produk yang ditampilkan di kegiatan ini adalah produk hasil karya warga Kecamatan Moyudan baik rajut,tenun, batik dan lain sebagainya yang sudah dibuat dalam bentuk tas, baju, dompet, aksesoris, tempatpensil, cendera mata dan lain sebagainya.

Produk-produk lokal warga Moyudan tidak hanya dipasarkan dilingkungan sekitar, tetapi juga telah dipasarkan ke luar kota Jogjakarta,seperti Solo, Jakarta,Semarang dan luar Jawa.   <crn>

 

BIMTEK LINMAS DESA SUMBERAGUNG

Guna meningkatkan Sumber Daya Manusia Satuan Linmas (Perlindungan Masyarakat ) serta meningkatkan peran Satuan Linmas pada TA 2017 telah diprogramkan kegiatan Bimtek (Bimbingan Teknis) bagi anggota satuan Linmas Desa, khususnya di Desa Sumberagung Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman.

Peserta Bimtek Linmas

Kegiatan dimaksud dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 16 s/d 17 Mei 2017 dengan peserta sejumlah 60 orang. Pelaksanaan Bimtek diisi materi dalam ruang kelas dan di luar ruangan. Diantaranya materi tersebut adalah berupa latihan baris berbaris, penanggulangan kebakaran, bencana alam  dan pengaturan lalu lintas dari Koramil dan Polsek Moyudan

Plt. Camat Moyudan WawanWidiantoro,S.IP, MPA memberikan sambutan sekaligus membuka acara

Plt. Camat Moyudan Wawan Widiantoro,S.IP, MPA dalam sambutan pembukaan bimtek menyampaikan rasa terima kasih atas partisipasi, dukungan serta peran aktif anggota linmas yang telah memberikan kontribusi kepada masyarakat dan dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing. Beliau juga menambahkan bahwa peran linmas tidak hanya membantu keamanan dan ketertiban saja, namun juga  mempunyai tugas : membantu penanggulangan bencana, membantu kegiatan sosial serta upaya pertahanan Negara sesuai yang diamanatkan dalam UUD 1945 Pasal 30 Ayat 1. Anggota Linmas merupakan ujung tombak yang ada di lapangan dalam rangka pertahanan dimasyarakat. Untuk itu, harapannya kegiatan ini dapat mewujudkan program perlindungan masyarakat yang dapat terus diberdayakan dan ditingkatkan perannya, terutama dalam menunjang program Pemerintah serta harus dapat menjadi teladan bagi masyarakat di sekitarnya .

Salah satu materi Bimtek

Hadir dalam kegiatan tersebut Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sleman,  Polsek Moyudan dan Koramil, Pemerintah Desa Sumberagung. Acara ditutup oleh Kepala Satpol PP Kabupaten Sleman.

MOYUDAN ANTIVANDALISME

Pemerintah Kecamatan Moyudan bekerjasama dengan Muspika Kecamatan Moyudan, Pemerintah Desa, UPT Yandik, Karang Taruna, Organisasi Sosial,  Forum Komunikasi, Relawan dan pelajar di wilayah Kecamatan Moyudan Desa  bersama – sama  membersihkan tembok-tembok ulah vandalisme.  Adapun tembok yang dibersihkan yaitu makam ,jembatan, sekolah, tempat-tempat umum, bangunan milik pemerintah, maupun tempat-tempat pribadi. Kegiatan yang diinisiasi Seksi Tramtib Kecamatan Moyudan dengan Kepala Seksi Tramtib Kecamatan Moyudan Bambang Nurdiyantoro, S.ST beserta koordinator di lapangan Sudarmanto, SH tersebut merupakan realisasi program Gerakan Operasi Anti Vandalisme pada hari Jumat, 12 Mei 2017.

Apel sebelum acara dimulai

Titik kumpul pelaksanaan kegiatan halaman Kantor Kecamatan Moyudan dengan diawali apel.  Apel ini didipimpin oleh Kanit Binmas, dengan Pembina Apel Plt. Camat Moyudan WawanWidiantoro,S.IP, MPA.

” Vandalisme sangat tidak ditoleransi, aksi vandalisme adalah perbuatan orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan mencorat-coret tembok fasilitas umum sesuai dengan keinginannya tanpa mempedulikan lingkungan menjadi kotor dan kumuh”  ujar Plt. Camat Moyudan ketika memberikan pengarahan saat upacara apel.  Beliau juga menambahkan aksi bersih-bersih coretan dari aksi vandalisme, khususnya diwilayah Moyudan ini sengaja  dengan menggandeng pelajar – pelajar di wilayah Moyudan. Sebab selama ini pelaku vandalisme rata-rata dari kalangan oknum pelajar.

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Moyudan Wawan Widiantoro,S.IP,MPA beserta Muspika melakukan gerakan antivandalisme di wilayah Kecamatan Moyudan

Setelah apel, dilakukan pembagian kelompok dan tugas untuk membersihkan lokasi ulah vandalisme.  Setelah  membersihkan coretan- coretan para peserta kemudian melakukan pengecatan guna menghilangkan bekas vandalisme. Sehingga hasilnya tembok/bangunan menjadi nampak bersih dan baik dipandang mata. Kegiatan ini diharapkan para pelajar  bisa menjadi teladan serta pelopor mencegah vandalisme dan bisa ditularkan ke pelajar lainnya yang sering melakukan aksi vandalisme di tempat yang tidak semestinya.

Para peserta dari kalangan pelajar

Lomba Masak Kecamatan Moyudan

Memperingati Hari Jadi Kabupaten Sleman ke 101 tahun 2017, TP PKK Kecamatan Moyudan  menyelenggarakan Lomba Masak berbahan dasar jagung berkombinasi ikan, terdiri dari olahan basah dan kering.  Acara ini diadakan pada hari Minggu tanggal 23 April 2017 dimulai pukul 10.00wib. Adapun Peserta lomba adalah para juara I dan II lomba masak serupa ditingkat Desa.

TP. PKK  Kabupaten Sleman juga melakukan monitoring serta menyampaikan pesan dalam sambutannya bahwa setelah pelaksanaan lomba diharapkan ibu-ibu dapat lebih meningkatkan kesejahteran dan keanekaragam menu dan gizi yang seimbang dalam menu makanan sehari – hari bagi  keluarganya.

Dewan juri yang terdiri dari Puskesmas Moyudan dan SMK I Muhammadiyah Moyudan menetapkan 2 kejuaraan di setiap olahan, sebagai berikut:  Juara 1 olahan basah oleh Ibu Sri Rahayu dari dusun Ngaglik Sumbersari nama masakan schotel jagung udang keju,

Juara 2 olahan basah oleh ibu Siti Nurjanah dari dusun Dagen Sumberrahayu nama masakan tarlet jagung sea food. Untuk olahan kering juara 1 oleh ibu Retno Widodo dusun karangkemasan Sumberrahayu nama masakan tar legung, juara 2 oleh ibu Nur Dwi R dari dusun Ngaglik Sumbersari nama masakan kue kering jagung wader.

Kepada para pemenang ditingkat Kecamatan baik juara 1 dan 2 olahan basah dan kering akan mewakili ditingkat Kabupaten Sleman.

KECAMATAN MOYUDAN SEBAGAI CENTER OF CHARACTER BUILDING

DSC05073Setelah guru-guru Himpaudi, kini kecamatan Moyudan melaksanakan pembinaan pengembangan diri di lingkungan pegawai kantor kecamatan. Semua pegawai kecamatan Moyudan telah mendapat pelatihan pengembangan diri oleh nara sumber Camat Moyudan Musta’in Aminun. Dilaksanakan di ruang Carakter Kantor Kecamatan Moyudan. Pelatihan itu diikuti 30 peserta dari pegawai Kecamatan, Senin 22/2 2016.
Lanjutkan membaca KECAMATAN MOYUDAN SEBAGAI CENTER OF CHARACTER BUILDING

Ngentak, Sumberagung, Moyudan, Sleman Telepon 0274 6497070