Profil

Di publikasikan pada No Comments

Kecamatan Moyudan
Kecamatan Moyudan berada di sebelah Barat daya dari Ibukota Kabupaten Sleman. Jarak Ibukota Kecamatan ke Pusat Pemerintahan (Ibukota) Kabupaten Sleman adalah 16 Km. Lokasi ibu kota kecamatan Moyudan berada di Ngentak, Sumberagung pada 7.77306‘ LS dan 110.25373‘ BT.

Arti Nama

Sejarah nama Moyudan diambil nama seorang bangsawan Kraton Yogyakarta yang bernama Kusumoyudo yang berdomisili didaerah itu dan berjasa terhadap wilayah tersebut. Dari kata Moyudo, bagian dari nama beliau kemudian diabadikan untuk memberi nama wilayah ini. Kecamatan Moyudan awalnya merupakan Kapanewon Moyudan yang merupakan bagian wilayah dari bekas Kawedanan Godean.

Sejarah Nama

Kecamatan Moyudan awalnya merupakan Kapanewon Moyudan yang merupakan salah satu wilayah bekas Kawedanan Godean. Sedangkan Kawedanan Godean meliputi Kapanewon Moyudan, Kapanewon Godean, Kapanewon Gamping, Kapanewon Seyegan dan Kapanewon Minggir. Seiring dengan adanya penggabungan kelurahan-kelurahan berdasarkan Maklumat Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 1946 dan Maklumat Nomor 5 Tahun 1948, sebutan Kawedanan Godean dengan wilayah seperti tersebut di atas diubah menjadi Kecamatan Godean, Kecamatan Moyudan, Kecamatan Gamping, Kecamatan Seyegan dan Kecamatan Minggir. Kecamatan Moyudan terdiri dari 4 (empat) Desa yaitu Desa Sumberrahayu, Desa Sumbersari, Desa Sumberagung, dan Desa Sumberarum yang terbagi dalam 65 Pedukuhan, 151 RW dan 353 RT.

 

 

Tanggapan atau Komentar anda?

Copyright Pemerintah Kabupaten Sleman © 2014 All Rights Reserved
Isi situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari Kecamatan Ngemplak.
Apabila terdapat data elektronik based yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.
Total Reads:11356|Total Visitor:7021|User Online:0