TENTANG

VISI DAN MISI  

  1. Visi

Visi Kecamatan Moyudan adalah: “Terwujudnya Pelayanan Prima di Bidang Pemerintahan, Pembangunan dan Sosial Kemasyarakatan”

Visi ini mengandung makna tentang pelayanan yang terbaik untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan dan kualitas birokrasi dalam bidang pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan.

  1. Misi

Misi Kecamatan Moyudan adalah :

  1. Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan yang baik.
  2. Meningkatkan ketertiban dan ketrentraman masyarakat.
  3. Meningkatkan kegiatan  pembangunan   dan   perekonomian    dalam masyarakat
  4. Meningkatkan Pelayanan di bidang kesejahteraan Masyarakat.


Sejarah

Wilayah Kecamatan Moyudan menurut Rijksblad Kasultanan Yogyakarta Nomor 11 Tahun 1916 (Rijksblaad Van Djogyakarta No.11 bestuur Mataraman, Reorganisatie Vanhet Indlandsch der regenttschappen Sleman, Bantoel en Kalasan Pranatan Ven den Rijksbestuur der van 15 Mei 1916) sebagian wilayahnya terbagi dalam wilayah Distrik Godean dan Distrik Djoemeneng, di bawah Kabupaten Sleman. Wilayah yang masuk dalam Distrik Godean adalah Onderdistrik Moyudan (Mojoedan) yang membawahi 11 Kelurahan, sedangkan Onderdistrik Ngijon yang membawahi 10 kelurahan masuk dalam Distrik Djoemeneng.

Berdasar Rijksblad Kasultanan Nomor 1/1927 Kabupaten Sleman dihilangkan, sehingga wilayah onderdistrik Moyudan yang termasuk dalam wilayah Kawedanan Godean menjadi bagian dari Kabupaten Yogyakarta. Pada tahun 1942, Sri Sultan Hamengkubuwono IX mengadakan reorganisasi dengan mengeluarkan Jogjakarta Kooti, yang menjadikan wilayah Onderdistrik Moyudan berubah menjadi wilayah Kabupaten Bantul.

Pada 8 April 1945, Sri Sultan Hamengkubuwono IX kembali melakukan reorganisasi pemerintahan dengan mengeluarkan Jogjakarta Koorei No.2, yang menjadikan wilayah Kapanewon Pangreh Projo Moyudan yang merupakan bagian Kawedanan Godean berubah dari wilayah Kabupaten Bantul kembali menjadi wilayah Kabupaten Sleman.

Kapanewon Moyudan saat itu dikepalai oleh seorang Panewu (Camat), membawahi 14 kelurahan yakni, Kelurahan Kruwet, Pucanganom, Puluhan, Jitardukuh, Sremo, Sejatipasar, Semingin, Nglahar, Tumut, Gamplong, Moyudan, Kembangan, Kaliduren, dan Nulisan. Melalui Maklumat Kasultanan Yogyakarta No.5 Tahun 1948, maka 14 kelurahan saling bergabung menjadi 4 kelurahan definitif sampai seperti sekarang.

Camat

  1. Drs. Fadjar Gunawan
  2. Drs. Supriyadi
  3. Drs. Joko Supriyanto
  4. Rusmanto Wijoyo
  5. Pujo
  6. R Bambang Tjondro Waskito, SH.
  7. Supardi, SH.
  8. Drs. Kuntadi (2005-2006)
  9. Drs. Syaiful Hamid (2006-2008)
  10. Budi Sutamba Saputra (2008-2011)
  11. Joni Suhartana, SH (2011-2014)
  12. Musta’in Aminun, S.H., M.Si (2014-2016)
  13. Wawan Widiantoro, S.IP, MPA (Plt Camat  Januari 2017- sekarang)


 Batas-Batas Wilayah

  1. Barat : Kecamatan Nanggulan (Kabupaten Kulonprogo)
  2. Utara : Kecamatan Minggir
  3. Timur : Kecamatan Godean
  4. Selatan : Kecamatan Sedayu (Kabupaten Bantul)

Pembagian Administratif Desa

  1. Sumberagung
  2. Sumberarum
  3. Sumberahayu
  4. Sumbersari