IMG_0017Pemerintah Kecamatan Moyudan menyelenggarakan pembinaan kelembagaan desa pada hari Senin, 9 November 2015 di Pendopo Kecamatan Desa. Sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Rakhmat Harinawan, S.Sos., M.Si. dari Bagian Pemerintahan Desa Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman. Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran dari lembaga desa, karena setelah disahkannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Pemerintah Desa diberikan kewenangan untuk mengelola dana desa dari pusat yang jumlahnya cukup besar.

Pemerintah Desa saat ini mengelola sumber dana yang berasal dari Pendapatan Asli Desa, Dana Desa, Siltap, ADD dan Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah sehingga jumlah keseluruhan dana yang dikelola desa mencapai milliaran rupiah. Kondisi ini tentunya menuntut pengelolaan keuangan yang lebih hati-hati yang melibatkan keterlibatan semua lembaga desa.

Dalam rangka percepatan penyaluran, pengeloaan dan penggunaan dana desa agar diprioritaskan untuk kegiatan pembangunan/rehabilitasi/pemeliharaan sarana dan prasarana desa dan pengembangan ekonomi lokal dengan memperhatikan hal-hal yaitu; diupayakan dilaksanakan secara swakelola, menggunakan sumber daya lokal/bahan baku lokal dan padat karya dengan melibatkan masyarakat setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *